FEDERASI OLAH RAGA KARATE-DO INDONESIA
FORKI
Sekretariat : Gedung Direksi Gelora Bung Karno Lt. 8, Jln. Pintu 1, Senayan - Jakarta 10270 Telp / Fax : (021) 5711801
http://www.pbforki.org
SINCE 1972
SINCE 1967

MENU
Silahkan klik pada tombol menu yang diinginkan:

pesan perguruan
article
event
curriculum
organization
forki
karate coach
black belt
merchandise
guest book
forum



Disadur dari majalah JURUS No.05 Tahun I 16 Agustus - 29 Agustus 1999 (sesuai dengan penjelasan pada website PB FORKI)
http://www.pbforki.org






Kejuaraan Internasional I, Jakarta 1973, Duduk dari kiri Bpk.R.Banoe Roesman Kartasasmita, Presiden Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai, Bapak Mayjen Widojo Soejono, Ketua Umum PB FORKI dan Shihan Nardi T Nirwanto SA.





(1975) 2 karateka senior mengantar mobil bpk.Widjojo Soejono menuju pusat perguruan





Delegasi Perguruan Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai pada Rakernas FORKI Feb 2013 di BATAM




FORKI berdiri sejak tahun 1972 pada kongres IV PORKI di Jakarta






LEBIH DETAIL MENGENAI FORKI

PERINGATAN HUT FORKI KE 49
BANTEN, 17 MARET 2013

Minggu 17 Maret 2013, berlangsung sebuah perhelatan besar bagi seluruh PERGURUAN BELA DIRI KARATE se INDONESIA. Federasi Olah Raga Karate-do Indonesia atau yang lebih di kenal dengan sebutan FORKI, dalam rangka memperingati hari ulang tahun yang ke 49 yang jatuh di tanggal 10 Maret lalu, mengadakan sebuah acara yang dihadiri 5.000 karateka yang berasal dari 15 perguruan yang tergabung dalam FORKI. Perguruan-perguruan karate tersebut di antaranya Inkanas, Inkai, Inkado, Gojukai, Shindoka, Wadokai, KKI, Amura,Gokasi, Pordibya, Kyokushinkai, TAKO, Lemkari, BKC, Kandaga Prana, dan Gokasi.

Seperti yang tertulis dalam profil di situs resmi PB FORKI, 10 Maret 1964 adalah merupakan hari berdirinya PORKI atau Persatuan Olah Raga Karate Indonesia, dan pada tgl 30 November tahun 1972 dari hasil Kongres ke IV PORKI, terbentuklah satu wadah organisasi karate yang diberi nama Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI).

Acara yang dihadiri hampir seluruh perguruan di bawah naungan FORKI ini, diadakan pada Minggu 17 Maret 2013. Acara itu akan dipusatkan di Honbu Dojo Shindoka di kawasan Industri Taman Tekno Blok G1, No.1 Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan.

Acara dibuka pukul 7.00 dengan sambutan dari Ketua PB Forki, Drs. H. Hendardji Soepandji, SH dan Ketua Umum PB Shindoka, Bapak Iwan Setiawan. Kemudian tentunya ada beberapa gerakan yang dilakukan sebagai pemanasan bagi karateka sebelum melakukan gerak jalan. Gerakan dipimpin oleh dewan guru dari perguruan Shindoka dan diikuti secara serempak oleh seluruh karateka. Barulah ketika matahari sedikit meninggi, gerak jalan mengitari kawasan Techno Park dilakukan.



Setelah karateka berkumpul di starting point, panggung pun diisi dengan hiburan sembari menunggu kehadiran Menteri Pemuda dan Olah Raga, Bapak Roy Suryo yang baru saja menghadiri sidang PSSI. Walaupun panas matahari semakin menyengat, karateka tetap setia berada di lokasi, menunggu Menpora yang akhirnya datang pukul 11.00. Acara peringatan HUT FORKI ke-49 itu pun ditutup dengan sambutan Menpora.

Perguruan PEMBINAAN MENTAL KARATE Kyokushinkai Karate-do Indonesia sendiri diwakili oleh warga dari cabang DKI dan Banten dengan didampingi oleh Sensei Jimmy Djuhaidy selaku Pimpinan Daerah Banten dan Sensei Siono Anggono selaku Pimpinan Daerah DKI. Sedangkan dalam barisan, warga dipimpin oleh Sensei Markam Maksum yang merupakan salah satu anggota Dewan Guru yang memegang Dojo Kelapa Gading.

Satu hal yang membanggakan, meski matahari begitu terik, kedisiplinan karateka PEMBINAAN MENTAL KARATE Kyokushinkai Karate-do Indonesia tetap menjadi ciri khas yang tidak pernah luntur. Dari pukul 6.45, karateka PEMBINAAN MENTAL KARATE Kyokushinkai Karate-do Indonesia sudah berdiri dalam barisan dengan rapi dimana karateka perguruan lain masih tersebar di lokasi. Begitu pun saat melakukan gerak jalan, karateka PEMBINAAN MENTAL KARATE yang hadir tetap berjalan rapi dalam formasi barisan sampai kembali ke posisi awal. Ciri ini lah yang membedakan PEMBINAAN MENTAL KARATE Kyokushinkai Karate-do Indonesia dengan perguruan lain. Ini akan menjadi contoh yang baik untuk perguruan lain. Oleh karena itu, tradisi seperti ini (yaitu KEDISIPLINAN) haruslah dipertahankan oleh perguruan PEMBINAAN MENTAL KARATE Kyokushinkai Karate-do Indonesia dan diteruskan sampai generasi selanjutnya.
(Clara, Dan I, Cab. Banten)



RAPAT KERJA NASIONAL FEDERASI OLAHRAGA KARATE-DO INDONESIA
BATAM, Tanggal 26 Februari 2013

Oss,
Sesuai Mandat yang diberikan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Perguruan, Sensei Bambang Irwanto kepada kami (Daniel SP dan Zul Amri), dalam rangka mengikuti Rakernas PB-FORKI 2013, dapat kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut :
1. Pembahasan pembinaan dan program kegiatan PB-Forki dibuka oleh Pimpinan Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Bpk. Hindardji Soepandji), yang dihadiri oleh 12 perwakilan perguruan dibawah naungan PB-Forki dan 8 perwakilan Pengprov.

2. Pada penyampaian rencana program kegiatan, ada beberapa hal sebagai berikut :
a. Diharapkan Perguruan-Perguruan yang dianggap fakum atau tidak pernah berpartisipasi pada kegiatan PB-Forki, diharapkan untuk segera melakukan kegiatan dan berpartisipasi.

b. Perguruan-Perguruan dianjurkan memberikan Jadwal Kegiatan/Kalender Tahunan kepada MENPORA dan PB-FORKI Pusat, sebagai monitoring terhadap aktifitas perguruan. Kepada Perguruan yang akan melaksanakan kegiatan baik Tingkat Daerah, Nasional dan Internasional (seperti Kejurda, Kejurnas, dan World Champion atau sejenisnya) dianjurkan untuk mengundang MENPORA dan PB-FORKI.

c. Menpora dan PB-Forki akan mengagendakan untuk melakukan road show/ kunjungan ke semua Perguruan naungan PB-Forki.

d. Menurut AD/ART PB-Forki, bahwa masing-masing Perguruan dibawah naungan PB-Forki berhak mendapatkan uang pembinaan PB-Forki melalui Pengda Forki masing-masing dengan mangajukan proposal rencana kegiatan.

e. Menurut pandangan kami, bahwa dari uraian program kegiatan PB-Forki jelas terlihat, bahwa semua program lebih dominan mengakomodir perguruan-perguruan beladiri Non Contact, sementara Perguruan Karate Full Body Contact, tidak terakomodir sama sekali.

f. Pada kesempatan ini, kami juga menyampaikan hal yang sama sebagaimana Pimpinan Pusat Perguruan harapkan, bahwa diharapkan PB-Forki membuat program kegiatan yang dapat diikuti perguruan System Ful Body Contact sebagaimana Agenda Perguruan Non Contact (seperti, Kejurda, Kejurnas dan World Champion) dibawah Agenda PB-Forki. Menanggapi usulan kami, PB-Forki akan memberikan kesempatan yang sama serta akan memfasilitasi Perguruan full body contact dalam kegiatannya.

Oss,

Pimpinan Daerah Kepri
ttd
DANIEL SAMZON PARDOSI





PELANTIKAN PENGURUS PROVINSI FORKI JATIM
MASA BHAKTI 2012 - 2016
SURABAYA, 16 FEBRUARI 2013

Perguruan PEMBINAAN MENTAL KARATE Kyokushinkai Karate-Do Indonesia sebagai salah satu anggota resmi FORKI, pada hari Sabtu, 16 Februari 2013 yang lalu ikut serta dalam pelantikan kepengurusan didalam Pengprov Jatim.

Sensei Rudy Hartono pada kesempatan kali ini duduk sebagai Ketua Bidang II yang mewakili aliran Full Contact di dalam FORKI.

Selain itu beberapa senior lain duduk dalam kepengurusan dibidang Pembinaan, Sie Perwasitan, dan Sie Pertandingan.

Diharapkan dengan adanya kepengurusan khusus untuk aliran Full Body Contact yang secara perdana dimulai dari Jawa Timur, dapat membuat kemajuan posisif bagi Perguruan aliran full contact didalam naungan FORKI yang selama ini boleh dikatakan tidak mendapatkan perhatian dari masyarakat luas.

Semoga apa yang sudah dimulai dari Jawa Timur dapat memberikan peluang atlit-atlit Perguruan kita agar dapat bertanding dalam kompetisi Nasional (PON).
Oss,
Pengurus Pusat

Berita selengkapnya di WebSite FORKI



KETUA UMUM PB. FORKI

PERIODE 1972 - 1977
Ketua Umum :Widjojo Sujono
Sekretaris Jendral : Otoman Nuh
PERIODE 1977 - 1980
Ketua Umum : Sumadi
Sekretaris Jendral : Rustam Ibrahim
PERIODE 1980 - 1984
Ketua Umum : Subhan Djajaatmadja
Sekretaris Jendral : G.A. Pesik
PERIODE 1984 - 1988
Ketua Umum : Rudini
Sekretaris Jendral : Adam Saleh
PERIODE 1988 - 1992
Ketua Umum : Rudini
Sekretaris Jendral : G.A. Pesik
PERIODE 1992 - 1996
Ketua Umum : Rudini
Sekretaris Jendral : G.A. Pesik
PERIODE 1996 - 2001
Ketua Umum : Jend. TNI Wiranto
Sekretaris Jendral : Drs. Hendardji S, SH.
PERIODE 2001 - 2005
Ketua Umum : Jend. TNI (Purn) Luhut B. Panjaitan
Sekretaris Jendral : Drs. Hendardji S, SH.
PERIODE 2005 - 2009
Ketua Umum : Jend. TNI (Purn) Luhut B. Panjaitan
Sekretaris Jendral : Drs. Hendardji S, SH.
PERIODE 2010 - 2014
Ketua Umum : Drs. H. Hendardji S, SH
Sekretaris Jendral : Lumban Sianipar




PERGURUAN ANGGOTA FORKI

  • INKAI (Institut Karate-Do Indonesia)
  • LEMKARI (Lembaga Karate-Do Indonesia)
  • INKADO (Indonesia Karate-Do)
  • GOJUKAI
  • K.K.I (Kushin Ryu Karate-Do Indonesia)
  • WADOKAI (Wadoryu Karate-Do. Indonesia)
  • GABDIKA SHITORYU (Gabungan Beladiri Karate-Do Shitoryu)
  • BKC (Bandung Karate Club)
  • KYOKUSHINKAI (Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai Karate-Do Indonesia)
  • SHIROITE
  • KEISHINKAN
  • GOKASI (Gojuryu Karate-Do Shinbunkan Seluruh Indonesia)
  • TAKO INDONESIA
  • SHINDOKA
  • PORBIKAWA
  • KALA HITAM
  • INKANAS ( Institut Karate-Do Nasional)
  • GOJU RYU ASS
  • KKNSI (Kesatuan Karate-Do Naga Sakti Indonesia)
  • PORDIBYA
  • KANDAGA PRANA
  • BLACK PANTHER
  • FUNAKOSHI
  • AMURA


Untuk kritik dan saran:
HUBUNGI REDAKSI
BACK

Kedua logo perguruan terdaftar pada HAKI No.J00-01-19127 dan HAKI No.J00-01-19128. Dikelola oleh Pengurus Pusat Perguruan, dan didukung langsung oleh Pimpinan Pusat Perguruan. Tampilan terbaik pada resolusi 1024 x 768.