Member of Federasi Olah Raga Karate-Do Indonesia
SINCE 1967
MEDIA CETAK :

MENU
Silahkan klik pada tombol menu yang diinginkan:

curriculum
organization
forki
karate coach
event
black belt
merchandise
article
article
pesan perguruan









Basic (KIHON) pada saat ujian kwartal di DKI 2004







Kirimkan berita, pengumuman dan acara yang akan dan telah berlangsung di daerah anda ke email redaksi.

SUARA SHIHAN

PESAN KHUSUS
UNTUK KARATEKA REMAJA (2)


Oss.

Waktu muda adalah masa paling tepat dimana kita bersedia digembleng Mental - Phisik, Lahir - Bathin secara berimbang sebagai landasan hidup di hari kemudian melalui kaidah kehidupan yang kita persiapkan. Jangan pernah terjatuh dalam kehidupan berhura hura tanpa batas yang pasti akan menghancurkan masa depan yang indah.

Di dalam dojo ( Ruang Tempat Berlatih ) sering terdengar kata `Oss` penuh semangat yang diucapkan warga, khususnya dalam segala gerak langkah ketaatan dan disiplin selama berlatih sebagai jawaban setuju dan faham akan segala ajakan dan arahan Para Pembinanya. Bahkan kata `Oss` ini sering terdengar diluar dojo, antara kohai terhadap senpeinya khususnya pada acara dan kegiatan yang berkaitan erat dengan Perguruan. Malahan dalam pergaulan bebas antar karateka.

Mengapa saling `Oss` yang merupakan kependekan dari kata ~ Oshi Shinobu ~ Dalam karate mempunyai multi arti, tetapi inti sari sebenarnya dari Oshi Shinobu yang dipendekkan menjadi `Oss` adalah : To put force endure yang artinya; mengedepankan dengan sungguh sungguh sifat dan sikap sabar dan tahan uji. Mencakup beberapa unsur dan semangat hidup yang utama dan universal.

Warga Perguruan diajak untuk bersungguh sungguh mengutamakan, menampilkan perilaku yang sabar serta dalam hidup dan kehidupan ini selalu mempunyai sikap mental tahan uji. Manusia yang lemah dan tidak sanggup menghadapi tantangan, rintangan, percobaan, kegagalan, kesulitan dan segala hambatan yang menghadang hidupnya, menjadi manusia yang cepat putus asa, menyerah sebelum berusaha dan takut serta merasa tidak berdaya dalam menembus lorong kehidupan yang sering keras dan kejam ini.

Mengucapkan sesuatu tanpa tahu dan mengerti makna, maksud dan tujuan sudah pasti menimbulkan rasa jenuh dan yang sering terjadi; tidak menghargai lagi kata ungkapan yang indah dan bersayap ini. Karateka sejati justru diharapkan bisa menjadikan kata `Oss` ini sebagai dorongan untuk meningkatkan semangat dan tekad tidak mudah menyerah tadi, walau tentunya tetap mempertahankan sikap dan sifat sabar, rendah hati, tahu mendudukkan diri pada posisi yang benar.

Memang kata singkat `Oss` digunakan juga dalam pengertian yang jamak dalam berbagai situasi dan kondisi; umpamanya: Tanda setuju - Permintaan maaf atas segala perbuatan tanpa disengaja - Selamat Pagi - Terimakasih dan lain lain, tetapi makna inti sarinya adalah; mengajak kita semua selalu sabar dan tahan uji tadi. Salah satu unsur perjuangan hidup yang selayaknya tidak pernah kita tinggalkan.
Sapaan `Oss` sangat bermartabat antar para karateka.
Singkat tetapi sapaan yang mempunyai arti yang dalam.
Jangan dikesampingkan dan dihempaskan apalagi dilecehkan.
Demikian adik adikku dimana saja berada.

Oss.

o0o

(nardi tn - des. 07)

Artikel Lainnya.....






Untuk kritik dan saran:
HUBUNGI REDAKSI

Kedua logo perguruan terdaftar pada HAKI No.J00-01-19127 dan HAKI No.J00-01-19128. Dikelola oleh Pengurus Pusat Perguruan, dan didukung langsung oleh Pimpinan Pusat Perguruan. Tampilan terbaik pada resolusi 1024 x 768.